Rabu, 28 November 2012

RPP dan Materi Pembelajaran Kelas IV Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama  Sekolah            :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester            :   IV/I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 Menit ( 1 Pertemuan )
I.     Standar Kompetensi
1.      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

II.  Kompetensi Dasar
1.5.   Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya.
III. Indikator
v  Siswa mampu menyebutkan berbagai peninggalan sejarah di lingkungan sekitarnya.
v  Siswa mampu menyebutkan berbagai peninggalan sejarah wilayah NKRI.
v  Siswa dapat menghargai dan merawat peninggalan sejarah.

IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghargai berbagai peninggalan sejarah setempat dan menjaga kelestariannya.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
V.  Materi Pokok
            Peninggalan sejarah
VI. Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Cooperative
3. Tanya jawab
4. Pemberian tugas



VII.          Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
1. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menjelaskan benda – benda bersejarah dan tempat – tempat bersejarah di berbagai daerah di Indonesia.
2. Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah di lingkungan sekitar.
3. Menjelaskan cara-cara melestarikan, merawat dan menghargai peninggalan sejarah yang bernilai tinggi.
4. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
4. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
6. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
7. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, serta produk yang dihasilkan.
8. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VIII.       Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat :Berbagai gambar tempat peninggalan sejarah dan benda – benda     peninggalan sejarah.
2. Sumber  : Buku teks Ilmu pengetahuan sosial Untuk SD/MI Kelas IV
                            Internet


VII.  Penilaian
a. Tehnik  : Tes lisan dan Tertulis
b. Instrumen :
              1.         Tuliskan 3 peninggalan sejarah dilingkungan sekitarmu ?
KEGIATAN
SKOR
Siswa menuliskan lebih dari 3
25
Siswa menuliskan 3
20
Siswa tidak menuliskan apa - apa
0

              2.         Tuliskan 10 berbagai peninggalan sejarah wilayah NKRI ?
KEGIATAN
SKOR
Siswa menuliskan lebih dari 10
50
Siswa menuliskan 10 atau kurang
20
Siswa tidak menuliskan apa - apa
0

         3.  Sebutkan 5 cara memelihara dan merawat tempat dan benda peninggalan sejarah ?
KEGIATAN
SKOR
Siswa menyebutkan lebih dari 5
25
Siswa menyebutkan kurang dari 5
20
Siswa tidak menyebutkan apa - apa
0

CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.











PENINGGALAN SEJARAH

A. Macam Peninggalan Sejarah
1. Arca
Arca adalah patung, ada yang terbuat dari batu ada juga yang terbuat dari perunggu.
a. Arca Buddha Amarawati di Sulawesi Selatan.
b. Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan.
c. Arca Airlangga di Belahan.
d. Arca Tribhuwana di Candi Arimbi.
2. Benteng
Benteng merupakan bentuk bangunan yang sengaja dibuat untuk keamanan danpertahanan pada waktu perang.
  a. Benteng Otanah di Sulawesi untukmelindungi Raja.
  b. Benteng Fort de Kock di SumatraBarat dibangun oleh Belanda.
  c. Benteng Portugis di Jepara, JawaTengah.
  d. Benteng Pendem di Cilacap, JawaTengah.
  e. Benteng Jagaraga, Bali. 
  f. Benteng Duurstede, Saparua,Maluku.
  g. Benteng Sombaupu, SulawesiSelatan.
  h. Benteng Inong Bale, NAD.

 Gambar 1. Benteng Fort de Kock di Sumatra Barat

3. Candi
Bangunan kuno yang dibuat dari batu sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abujenazah raja atau pendeta Hindu dan Buddha pada zaman dulu, disebut candi.
    Candi Prambanan di Yogyakarta.
 Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.
Candi Mendut di Magelang, Jawa Tengah.
Candi Pawon di Magelang, Jawa Tengah.
Candi Panataran di Jawa Timur.
Candi Muara Takus di Riau.
Candi Ijo di Kalimantan Selatan.


Gambar 2.  Candi Borobudur
 Sumber: www.students.ukdw.ac


4. Gedung
Gedung yang pernah digunakan untuk berlangsungnya peristiwa sejarah, atau tempat tertentu yang bernilai sejarah dijadikan sebagai peninggalan sejarah.
Gedung Lawang Sewu di Semarang.
Istana Presiden di Tampak Siring, Bali.
 Istana Raja / Keraton, Cirebon, Surakarta, Yogyakarta.
Istana Bogor, Jawa Barat.

Gambar 3. Istana Bogor
Sumber: www.fig.com

4. Monumen
Bangunan yang sengaja dibuat untuk mengenangjasa seseorang tokoh kepada nusa danbangsa. Bahkan juga untuk memperingati peristiwa bersejarah yang ada di Indonesia. Beberapa monumen di Indonesia, yaitu:
Monumen Nasional (Tugu Monas) di Jakarta.
Monumen Tugu Muda di Semarang.

Gambar 4.  Tugu Monas di Jakarta
Sumber: www.upload.wikipedia.com
    Monumen Proklamasi di Jakarta.
  Monumen Palagan Ambarawa di Semarang.
  Monumen Pers Nasional di Solo, Jawa Tengah.
5. Makam
Banyak sekali makam yang dijadikan sumber sejarah dan peninggalan sejarah, antara
lain
  Makam Raja-raja Surakarta dan Yogyakarta di Imogiri, Yogyakarta.
  Makam Pangeran Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan.
  Makam RA. Kartini di Rembang, Jawa Tengah.
  Makam Ir. Soekarno Presiden RI Pertama di Blitar, Jawa Timur.
  Makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah.

Gambar 5. Makam Presiden RI Pertama di Blitar, Jawa Timur

7. Museum
Gedung, rumah, tempat yang digunakan untuk menyimpan benda-benda peninggalan
sejarah disebut Museum.
Beberapa di antaranya:
  Museum Sudirman di Magelang,Jawa Tengah.
  Museum Satria Mandala di Jakarta.
  Museum Purbakala di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.
Museum RA Kartini di Jepara, JawaTengah.
Gambar 6.  Museum Satria Mandala
Sumber: www.eramuslim.com

8. Prasasti
Prasasti adalah tulisan pada batu yang bernilai sejarah. Parasasti yang merupakan peninggalan pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia banyak sekali, misalnya:
  Prasasti Ciareteun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi,Muara Cianten dari Kerajaan Tarumanegara.Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasa Sansekerta.
  Prasasti Kedukan Bukit, Talang Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur, Karang Birahi dari Kerajaan Sriwijaya.Prasasti tersebut ditulis menggunakan bahasaMelayu.
  Prasasti Tuk Mas, Sojomerto, Canggal dari Kerajaan Mataram.
Gambar 7.  Prasasti Tarumanegara
9. Situs
Situs adalah daerah temuan benda-benda purbakala,seperti fosil binatang purba. Banyak situs di Indonesia yangmerupakan peninggalan Hindu dan Buddha, misalnya:
  Situs Muara Jambi.
  Situs Plawangan.
  Situs Cilongok.
Gambar 8.  Situs sejarah di Sidoarjo,
Jawa Timur
Sumber: www.hurek.blogspot.com

10. Tempat Ibadah
Tempat ibadah yang dibangun pada masa lampaudan masih berdiri hingga sekarang, antara lain :
  Masjid Agung Demak di Demak, Jawa Tengah.
  Masjid Menara Kudus di Kudus, Jawa Tengah.
  Gereja Portugis di Jakarta.
  Masjid Baiturrahman di NAD sekarang.
Gambar 9.  Masjid Menara Kudus
Sumber: www.farm1.static.flickr.com
11. Kitab
Kitab banyak menghiasi peninggalan sejarah. Terutama pada masa Kerajaan Hindu-Buddha.
a. Kitab pada masa Kerajaan Majapahit
  Sutasoma, kitab ini dikarang oleh Mpu Tantular. Di dalamnya terdapat istilahBhinneka Tunggal Ika.
  Negarakertagama, kitab ini dikarang oleh Mpu Prapanca. Istilah Pancasila diambil dari kitab ini.
b. Kitab pada masa Kerajaan Kediri
a. Arjunawiwaha, kitab ini dikarang oleh Mpu Kanwa. Arjunawiwaha ditulis menggunakan bahasa Kawi. Kitab ini menceritakan kebesaran Raja Erlangga.
b. Serat Bharatayudha, Hariwangsa, dan Smaradhana.

B. Menghargai Peninggalan Sejarah
Peninggalan sejarah yang sangat tinggi nilainya itu. Peninggalan sejarah tersebut bermanfaat bagi bangsa Indonesia, terutama bagi pelajar. Apakah manfaatnya bagi kita didalam bidang pendidikan?
Adapun manfaat peninggalan sejarah adalah sebagai berikut.
a. Menambah kekayaan budaya bangsa kita.
b. Menambah pendapatan negara melalui kegiatan wisata.
c. Sebagai bukti nyata peristiwa sejarah yang dapat kita amati sekarang.
d. Dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
e. Sangat membantu dalam bidang pendidikan.
f. Dapat mempertebal rasa kebangsaan.
g. Dapat memperkokoh rasa persatuan.

Peninggalan sejarah banyak macam dan jenisnya. Manfaatnya juga banyak sekali.
Untuk itu, bagaimana sikapmu terhadap peninggalan sejarah yang ada? Kita wajibmenghargai peninggalan sejarah itu. Cara kita menghargai agar tetap lestari, antara lain :
a. memelihara peninggalan sejarah sebaik-baiknya,
b. melestarikan benda sejarah tersebut agar tidak rusak,
c. tidak mencoret-coret benda peninggalan sejarah,
d. turut menjaga kebersihan dan keutuhan,
e. wajib menaati tata tertib yang ada dalam setiap tempat peninggalan sejarah, dan
f. wajib menaati peraturan pemerintah yang berlaku.

Pemerintah telah merawat peninggalan sejarah. Uluran tangan pihak swasta demi kelestarian benda sejarah tersebut sangat diperlukan. Perlunya perlindungan yang diberlakukan terhadap situs atau benda-benda sejarah. Sanksi terhadap pelanggaran yang merugikan upaya pelestarian peninggalan sejarah. Apa yang kalian lakukan bila mengetahui ada seseorang mencorat-coret benda peninggalan sejarah? Nah, perbuatan seseorang itu bukan melestarikan dan ikut menjaga,  tetapi justru merusak terhadap peninggalan sejarah.



Senin, 26 November 2012

Mendikbud Rencana Ubah Kurikulum di Tahun 2013

Pihak Menteri Pendidikan dan Budaya berencana akan merubah kurikulum yang ada saat ini di tahun 2013 mendatang.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Musliar Kasim mengatakan pihaknya merasa ada sesuatu yang kurang dalam kurikulum yang ada saat ini.

"Di kurikulum itu ada tiga kompetensi yaitu skill, knowledge dan attitude. Kami merasa kurikulum sekarang masih kurang tepat karena hanya berfokus pada peningkatan knowledge dan skil saja," papar Musliar Kasim di Menara 165 Jalan TB Simatupang, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Musliar Kasim mengatakan perubahan kurikulum tersebut akan dirubah mulai dari Sekolah Dasar (SD). Kemudian menurut beberapa ahli, dari tiga kompetensi tersebut selalu saja attitude terabaikan.

Menurut Musliar Kasim, attitude sangatlah penting karena nilai budi pekerti sangat perlu ditanamkan. Sehingga budi pekerti harus ditanam sejak usia kecil hingga dewasa.

"Kita semua menyadari pendidikan budi pekerti sangatlah penting, ketika anak terbentuk attitudenya dari awal tentu ke atasnya akan baik," kata Musliar Kasim.

Sumber : Tribunnews.com